4 Jenis Introvert

Sebelumnya gue pernah membikin postingan tentang 3 kepribadian yaitu introvert, ambievert serta extrovert. Nyatanya yang ketertarikan membacanya tak sedikit banget serta komentarnya juga tak sedikit serta tetap semakin bertambah. Gue juga gak bisa balas satu-satu komentarnya, saking tak sedikitnya.

4 Jenis Introvert


Tetapi dari sifat-sifat tersebut, salah satunya introvert, nyatanya introvert bisa dibagi lagi. Berdasarkan penelitian yang diperbuat oleh  pakar psikologi Jonathan Cheek, introvert bisa dibagi menjadi 4 tipe yang disingkat dengan STAR (Social, Thinking, Anxious serta Restrained). Sehingga bagaimanakah pemecahan keempat sifat introvert tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Social Introvert
Introvert ini tak menghindari sosialisasi. Mereka juga tak persoalan untuk berangkat ke tempat yang ramai. Hanya saja, dirinya lebih memilih untuk bersosialisasi dengan grup kecil alias kawan sekelompoknya.

2. Thinking Introvert
Introvert yang ini lebih suka menyendiri. Lebih tak jarang di rumah, kalau kemana-mana lebih suka sendiri. Introvert Thinking sangat suka berpikir serta melamun, berimajinasi pada dunia khayalannya. Rata-rata introvert inilah yang mempunyai ide-ide kreatif serta unik (out of the box).

3. Anxious Introvert
Introvert ini adalah introvert yang takut serta menghindari kenasiban sosial. Mereka adalah introvert yang kemungkinan besar terkena Social Anxiety Disorder (SAD) serta memerlukan bantuan untuk bisa bersosialisasi.

4. Restrained Introvert
Introvert yang ini adalah introvert yang sangat berhati-hati dalam bertindak, sebab mereka berpikir-pikir dulu sebelum bertindak. Sebab itu, introvert ini cenderung slow moving alias agak lambat dalam meperbuat sesuatu. Kalau dalam bahasa gaulnya, woles aja bro.


Author:

Facebook Comment