Breeding Cupang Cara ekstrim Bagi Pemula

hybrid betta - Tak sedikit diantara para penggemar ikan cupang/betta yang sebab saking cintanya sampai mempunyai koleksi ikan cupang yang tak sedikit. Ketidak sedikitan pula yang terbesit dalam pikirannya untuk membudidayakan ikan cupang yang mereka milikinya. Tetapi tak sedikit diantara mereka yang binggung bagaimana tutorial membudidayakannya. Nah dalam peluang ini, kami bakal belajar beternak ikan cupang yang ektrim ala Hybrid Betta, ok langsung saja kami simak caranya:



Persiapan :
Pilih sepasang cupang buat indukan
Siapkan akuarium/tempat untuk pemijahan ukuran terserah mau dari soliter 15x15x20, 60x40x30. Kami dapat memakai baskom, ember cat, apapun medianya kalau telah waktunya reproduksi/kawin cupang bakal tetep dapat kawin dengan tempat yang kami sediakan tersebut, cuma kelak seusai sehingga burayak kalau memakai soliter kami wajib pindahkan juga
Lampu bohlam ( optional )
Sepotong plastik 10x10cm
Air yang telah diendapkan

Cara ekstrimnya :
Sebelumya cupang jantan telah di tempat breeding.
Tinggi air di tempat budidaya maks 2.5x panjang badan jantan.
Kemudian janturin cupang jantan dengan cupang betina sampai jantan membikin busa tak sedikit.
Selama belum disatukan kalau buang kotoran, usahakan bersih dari kotoran alias sisa makanan denagn memberi sifon pada tempat jantan.

Biasanya setelah jantur 1-2 hari cupang jantan telah membikin busa yang tak sedikit ( kalau jantan tetap tak membikin busa, ganti cupang betina dengan yang lain, dapat juga jantan yang diganti.
Seusai busa tak sedikit masukan cupang betina.
Apabila dikasih bohlam, posisi bohlam usahakan ada yang kena air dikit, logikanya agar air tak terlalu dingin ( daerah yang bersuhu dingin).

Seusai induk telah meperbuat perkawinan maka angkat induk cupang betina ( catatan : cupang kawin dapat berjam-jam kadang dari pagi sampai sore, kalau baru satu jam dua jam udah diangkat, telurnya tak bakal terlalu tak sedikit)
Kasih makan kutir / BW saja induk cupang jantan tetapi jangan terlalu tak sedikit, sedikit saja asal makan biar ada tenaga mengasuh anak/burayak.

Setelah burayak berenang dengan cara horizontal (biasa burayak umur 3 hari) langsung angkat cupang induk jantan ( kalau terbukti induk cupang jantan tutorial mengasuhnya keren, dapat kami biarkan lebih lama lagi)
Kasih makan artemia ( jangan langsung kami tumpahkan artemia beserta airnya yang ada dapat mati semua burayak sebab ke-asinan gara-gara air dari kultur artemia)
Kalau mau lebih ekstrim, burayak selang 2-3 hari seusai induk cupang jangan diangkat ( kurang lebih umur seminggu-an) biasa tumpahkan ke akuarium yang lebih besar,

Beri makan artemia kemarin hari setelah itu kutu air saring.
Di akuarium besar tetep gunakan bohlam (apabila air daerah kamu bersuhu dingin)
Jangan lupa kalau permukaan air di tempat burayak berminyak kami bersihkan dengan memakai koran.

Kalau burayak telah besar, mulai gunakan sifon kotoran di dasar akuarium, tambahkan air pake tutorial tetesan ( gantung plastik diatas akuarium dengan dicelahi kecil biar netes airnya)
Apabila Sobat ternak mengingginkan burayak yang dihasilkan sampai 400-500 lebih, metode ternak cupang yang telah dijelaskan diatas tidaklah tepat untuk diterapkan, sebab bagi peternak yang telah mencoba tutorial ini termasuk ekstrim. Bagi Hybrid Betta memakai metode ternak cupang ektrim ini beralasan sebab biarkan alam yang bantu sortir yang kuat yang bersi kukuh.
Sekian selamat mencoba serta salam berhasil.( breeder bandung )


Author:

Facebook Comment