Seperti Apa Mengenal Diri Sendiri itu?

Pasti kita sering mendengar sebuah pertanyaan “mengenal diri sendiri itu kayak apa sih?” Jika Anda pernah bertemu dengan pertanyaan semacam itu, maka yang menanyakan pasti belum bertemu dengan dirinya.

Seperti Apa Mengenal Diri Sendiri itu?

Menjadi Jujur dan Tak Perlu Menipu Diri
Salah satu bagian paling penting dari cara mengenal siapa kita adalah pertama dengan jujur. Jujur terhadap diri sendiri memang begitu sulit. Kita terbiasa menutup kejujuran itu atau menggantinya dengan sesuatu yang lain agar semua tujuan dapat tercapai. Bahkan terkadang kita malah melupakan hal tersebut dan memilih untuk menutup mata akan pengenalan diri.

Tapi kita tak perlu khawatir, pada waktunya kita tetap akan bertemu dengan diri kita sendiri. Hal tersebut memang harus dilalui dan pasti akan dilalui. Benturan keras dan kenyataan hidup akan membuat seseorang sadar bahwa selama ini dia ada di jalan yang tidak seharusnya. Hingga saat itu tiba tentu kita perlu melakukan pencarian untuk mengenal siapa kita.

Mengenal Diri Itu Seperti Tahu Cara Berjalan
Dalam mengenal diri, kita cenderung lebih membuka pikiran, hal tersebut sama persis ketika kita belajar untuk berjalan dan kemudian kita jatuh. Keterbukaan pikiran akan kemauan untuk terus mencari juga terus mencoba dan gagal merupakan bekal yang istimewa untuk melakukan perjalanan hidup yang panjang itu. 

Jika boleh kita melihat sedikit sebenarnya kita berjalan itu bukan karena kita punya kaki saja. Hal tersebut terjadi karena kita tahu cara menggunakannya dan kita sadar bagaimana fungsinya. Itulah yang membuat kita terus berjalan, hal tersebut sama konsepnya dengan kita mengenali diri kita sendiri kita perlu tahu apa fungsi dan tujuan kita lantas bagaimana kita berbuat.

Beberapa hal yang menunjukkan Anda telah cukup mengenal diri sendiri adalah :
1. Tahu Cara Ambil Keputusan
Tentu saat Anda menjadi diri sendiri, Anda akan lebih tahu lebih siap dan lebih mengerti bagaimana caranya mengambil keputusan.

2. Tidak Goyah Kala Ditempa Masalah
Seperti halnya pisau, jika seseorang itu ingin berkembang, maka dia harus melewati tempaan yang tidak menyenangkan. Tapi jika proses ini berhasil maka mereka akan lahir kembali menjadi seseorang yang baru dan lebih baik.

3. Tahu Kemana Arah Hidupnya
Seseorang yang telah kenal siapa dirinya akan tahu dan paham betul ke mana dan apa yang harus dia lakukan saat itu. Kebimbangan-kebimbangan yang biasanya mengganggu sudah tak lagi muncul dalam jalanannya.

4. Mengenal Orang Disekitar Dengan Baik
Sebuah tanda yang mungkin tidak Anda sangka adalah orang yang mengenal dirinya pasti akan melakukan hal yang baik terhadap tetangganya. Hal tersebut merupakan bagian dari psikologis manusia. Di mana seseorang akan memperlakukan orang lain sebaiknya memperlakukan dirinya karena pada dasarnya orang lain itu juga bagian dari dirinya.

Ada begitu banyak cara yang tidak tersentuh teori untuk mengenal diri sendiri. Kita tidak bisa hanya melihat pesan dan kesan dari orang lain yang berhasil bertemu dengan dirinya. Hal yang bisa kita lakukan adalah mencoba dan mengalaminya sendiri.

Author:

Facebook Comment